Pengolahan Sampah Plastik

Pengolahan sampah plastik

Judul Acara :

Pelatihan Pengolahan Sampah Plastik

Latar Belakang Acara :

Bagaimana kehidupan masyarakat kita ke depan, jika persoalan sampah tidak segera diselesaikan. Permasalahan sampah bukan hanya berdampak pada persoalan lingkungan, tetapi juga telah menimbulkan kerawanan sosial dan bencana kemanusiaan. Berbagai kasus, seperti di Bantargerbang, Bojong Gede, dan Leuwigajah, mengingatkan kita bahwa persoalan sampah bukan hal yang sepele. Lalu, apa yang dapat kita lakukan agar sampah tidak menggunung dan membuat lingkungan tidak sehat? Ada beberapa hal kreatif dan efektif yang bisa kita lakukan yaitu menerapkan prinsip 4R : Replace (mengganti), reduce (mengurangi), re-use (memakai), dan recycle (daur ulang).

Sistem Pengelolaan Sampah

Ada berapa cara pembuangan sampah?
Secara garis besar ada tiga yaitu :

  1. cara kimiawi melalui pembakaran,
  2. cara fisik melalui pembuangan di TPA,
  3. cara biologis melalui proses kompos.

Yang lazim dilakukan untuk sampah dalam jumlah besar adalah secara fisik.

Bagaimana siklus sistem pengelolaan sampah?

Sampah dari rumah-rumah dikumpulkan dan disimpan dalam tempat atau kontainer sementara, untuk kemudian diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk diolah sebelum dibuang.

Mengapa sampah yang dibuang harus diolah dulu?

Tumpukan sampah yang tidak diolah terlebih dulu dapat mengundang lalat, tikus, pertumbuhan organisme- organisme yang membahaya- kan, mencemari udara, tanah dan air, serta… mengganggu kenyamanan kita!

Bagaimana penanganan sampah di TPA?

TPA sering juga disebut landfill, yaitu tempat pembuangan yang memiliki dasar impermeable (tidak tembus air) sehingga sampah yang diletakkan diatasnya tidak akan merembes hingga mencemari air dan tanah disekitarnya. Sampah- sampah yang datang diletakkan secara berlapis, dipadatkan, dan ditutupi dengan tanah liat untuk mencegah datangnya hama dan menghilangkan bau. TPA umumnya dibuat untuk bisa menampung sampah selama jangka waktu beberapa tahun.

REPLACE
Ganti dengan barang ramah lingkungan

Teliti barang yang kita pakai sehari-hari. Gantilah barang barang yang hanya bisa dipakai sekalai dengan barang yang lebih tahan lama. Juga telitilah agar kita hanya memakai barang-barang yang lebih ramah lingkungan, Misalnya, ganti kantong keresek kita dengan keranjang bila berbelanja, dan jangan pergunakan styrofoam karena kedua bahan ini tidka bisa didegradasi secara alami.

REDUCE
Coba cara-cara ini :

Membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi sampah kantong plastik pembungkus barang belanja

Membeli kemasan isi ulang untuk shampoo dan sabun daripada membeli botol baru setiap kali habis

Membeli susu, makanan kering, deterjen, dan lain-lain dalam paket yang besar daripada membeli beberapa paket kecil untuk volume yang sama

RE-USE
Coba cara-cara ini :

  • Memanfaatkan botol-botol bekas untuk wadah
  • Memanfaatkan kantong plastik bekas kemasan belanja untuk pembungkus
  • Memanfaatkan pakaian atau kain-kain bekas untuk kerajinan tangan, perangkat pembersih (lap), maupun berbagai keperluan lainnya

RECYCLE
Daur ulang sendiri memang tidak mudah, karena kadang dibutuhkan teknologi dan penanganan khusus.
Tapi teman-teman bisa membantu dengan cara-cara ini :

  • Mengumpulkan kertas, majalah, dan surat kabar bekas untuk di daur ulang
  • Mengumpulkan sisa-sisa kaleng atau botol gelas untuk di daur ulang

Menggunakan berbagai produk kertas maupun barang lainnya hasil daur ulang

Deskripsi Acara:

Kami melakukan daur ulang terhadap sampah plastik. Acara dilakukan secara berkala di waktu senggang dengan anak-anak sekolah (SMP dan SMU). Kami bekerjasama dengan pedagang kelontong, pedagang mie rebus, pedagang kopi di sekitar pasar untuk menampung sampah plastik sisa jualan. Kami juga mengumpulkan dan memberi pelatihna pada anak-anak SMP dan SMU selesai mereka sekolah untuk ikut mendaur ulang plastik.

Plastik sebelumnya di cuci bersih lalu dijemur. Plastik yang sudah bersih selanjutnya di gunting dan dilipat sehingga membentuk suatu lipatan dasar yang berbentuk persegi panjang. Selanjutnya plastik persegi panjang tersebut dianyam dan dibentuk sehingga menjadi tas, dompet, taplak meja, dan lain-lain.

About these ads

About Paguyuban Harapan Ganesha

Kami adalah lembaga swadaya masyarakat (LSM) nirlaba yang bergerak di bidang sosial, pendidikan, dan lingkungan. LSM ini didirikan sejak tahun 2009 di Bandung, Jawa Barat oleh beberapa alumni ITB (Institut Teknologi Bandung) yang ingin memberikan sesuatu yang berarti bagi masyarakat. Hubungi kami di : Jl. Terminal Sadang Serang No. 30 Bandung email: ph.ganesha@ymail.com paghanesha@gmail.com Rekening Bank Mandiri : a.n. LSM Paguyuban Harapan Ganesha 1310009952211
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s